Hudayasafari

021 – 31900306 / 309 – Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat

care@hudayasafari.com

Travel Umroh Haji Sesuai Sunnah Terbaik Termurah Terdekat

care@hudayasafari.com

021 – 31900306 / 309

Logo-Hudaya-Alone 1

Dari Jarir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

‏مَنْ لاَ يَرْحَمُ النَّاسَ لاَ يَرْحَمُهُ اللَّهُ

“Siapa saja yang tidak memenuhi belas kasih terhadap orang lain (manusia) maka Allah tidak akan berbelas kasih kepadanya. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari (7376)

Setiap perbuatan akan menghasilkan akibat bagi pelakunya. Jika perbuatan itu baik, pelakunya akan mendapatkan kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Sayangilah yang di bumi, niscaya yang di langit akan menyayangi kalian. Demikianlah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyabdakan.

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمْ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاء

Para penyayang akan disayangi oleh ar-Rahmaan (Allah). Sayangilah yang ada di bumi, niscaya yang ada di langit akan menyayangi kalian
(H.R atTirmidzi dari Abdullah bin ‘Amr)

Hadits ini masyhur dikenal dengan sebutan hadits musalsal bil awwaliyyah. Artinya, banyak para Ulama hadits mengijazahkan hadits itu beserta sanad periwayatan kepada muridnya sebagai hadits pertama, dan sebelum menyampaikannya, ia menyatakan: “Ini adalah hadits pertama yang aku riwayatkan dari guruku”. Secara berantai, murid berikutnya nanti akan menyatakan juga kepada muridnya: “Ini adalah hadits pertama yang aku riwayatkan dari guruku”. Demikian seterusnya.

Hal itu seakan-akan memberikan isyarat bahwa ajaran Islam ini landasan utama dan pertamanya dalam muamalah adalah menebar kasih sayang kepada segenap makhluk. Dasar penyampaian ilmu adalah karena kasih sayang.

Karena itu, sebagian Ulama dalam karya-karya mereka tidak jarang mengungkapkan kalimat:

اِعْلَمْ رَحِمَكَ اللهُ

Ketahuilah, semoga Allah merahmatimu….

Beliau ungkapkan kalimat tersebut sebelum menyebutkan sebuah faidah ilmu beserta dalilnya. Sebagai contoh, mudah kita temui kalimat demikian dalam kitab Tsalatsatul Ushul wa Adillatuha yang diajarkan kepada para penuntut ilmu pemula.

Seseorang yang bukan penyayang, dikhawatirkan tidak mendapatkan kasih sayang dari pihak Yang Paling Berkuasa di atas segala-galanya, yaitu Allah Azza Wa Jalla.

dicabut dari seseorang, sesungguhnya orang itu adalah orang yang celaka.

لاَ تُنْزَعُ الرَّحْمَةُ إِلاَّ مِنْ شَقِىٍّ

Tidaklah dicabut (perasaan) kasih sayang kecuali dari orang yang celaka
(H.R atTirmidizi, dari Abu Hurairah)

Di antara bentuk kasih sayang itu adalah mudah memaafkan. Jika kita sayang pada sesama, Allah akan menyayangi kita. Jika kita mudah memaafkan, Allah akan memaafkan kesalahan-kesalahan kita.

Umar bin al-Khoththob radhiyallahu anhu berkata:

لَا يُرْحَمُ مَنْ لَا يَرْحَمُ وَلَا يُغْفَرُ لِمَنْ لَا يَغْفِرُ

Tidaklah disayangi (oleh Allah) orang yang tidak menyayangi. Tidaklah diampuni (oleh Allah) orang yang tidak mengampuni (kesalahan orang lain)
(riwayat al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrod)

Tidak hanya berlaku bagi sikap kasih sayang kepada manusia saja, kepada hewan pun juga semestinya kita bersikap sayang. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالشَّاةُ إِنْ رَحِمْتَهَا رَحِمَكَ اللَّهُ

Dan seekor kambing, jika engkau menyayanginya, Allah akan menyayangimu
(H.R Ahmad)

 

Semoga bermanfaat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Haji umroh sesuai sunnah bersama hudaya safari tour & travel. Informasi lebih lanjut di WA Center Kami https://wa.me/6282112135575 atau kunjungi https://www.hudayasafari.com . Ikhtiar Anda Ke Tanah Suci, Adalah Semangat Bagi Para Da’i.